Rabu, 28 Juli 2010

PRESS RELEASE: Program Studi Teknologi Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Memperoleh Status “Approved Undergraduate Program” Share6 Rabu, 28 Juli 2010



Berdasarkan proses evaluasi, penilaian dan penetapan oleh “Higher Education Review Board, Institute of Food Technologists (HERB-IFT)”, Program Studi Teknologi Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi, Institut Pertanian Bogor (IPB) telah memperoleh status “Approved Undergraduate program” yang telah memenuhi “IFT Undergraduate Education Standards for Degrees in Food Science”. Keputusan ini dikeluarkan dalam "10th Institute of Food Technologists (IFT) Annual Meeting and Food Expo" pada 21 Juli 2010 di Chicago Amerika Serikat, melalui proses penilaian berdasarkan “outcome-based assessment” dan keputusan akhir melalui proses pemungutan suara yang melibatkan seluruh anggota HERB-IFT.

Dengan status “Approved Undergraduate Program” tersebut, maka Program Studi Teknologi Pangan IPB telah diakui secara internasional oleh para ahli ilmu dan teknologi pangan yang tergabung dalam Institute of Food Technologists (IFT) yang merupakan perhimpunan para ahli teknologi pangan terkemuka di dunia.

Berikut pernyataan resmi dari Dr. George A. Miller (Manager of Knowledge & Learning Experiences, IFT) terkait keputusan yang dikeluarkan oleh HERB-IFT: “I am pleased to inform you that on Monday, July 21 the IFT Higher Education Review Board approved your program, B.S. in Agricultural Technology with a major in Food Technology, as meeting the IFT Undergraduate Education Standards for Degrees in Food Science. Bogor Agricultural University has the distinction of being the first program outside of North America approved by IFT”

Proses approval di atas pertama kali dilaksanakan oleh HERB-IFT untuk universitas di luar North America. Dengan demikian, Program Studi Teknologi Pangan IPB adalah yang pertama dan saat ini satu-satunya program studi di luar North America yang memperoleh status “Approved Undergraduate Program” dari IFT. Pengakuan ini membuka peluang untuk membangun reputasi dan citra Program Studi Teknologi Pangan IPB yang bercirikan “tropical indigenous resources” di tingkat internasional.

Dengan diperolehnya status “approved undergraduate program”, maka kurikulum dan mutu penyelenggaraan Program Studi Teknologi Pangan IPB telah setara (memiliki kesamaan level) dengan 43 program studi teknologi pangan ternama di North America yang juga telah memperoleh status yang sama dari IFT (lihat daftar program studi yang telah memperoleh status approval dari IFT). Program Studi Teknologi Pangan IPB juga akan masuk dalam daftar program studi yang telah diakui oleh IFT tersebut (http://www.ift.org). Dengan status approval tersebut, mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan IPB juga memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa dari IFT, sebagaimana halnya mahasiswa dari program studi di Amerika Serikat yang telah diakui oleh IFT.

Status “Approved Undergraduate Program” yang telah diperoleh tersebut tidak terlepas dari upaya yang keras dan perjalanan panjang Program Studi Teknologi Pangan IPB dalam melakukan kajian, pemutakhiran, evaluasi dan penerapan kurikulum sejak tahun 2001 agar dapat memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan oleh IFT Education Standards. Kurikulum yang dikembangkan berorientasi pada “outcome-based curriculum” yang mencakup 6 bidang kompetensi, yaitu (1) Food Chemistry and Analysis; (2) Food Microbiology and Safety; (3) Food Process Engineering; (4) Applied Food Science; (5) Food Biochemistry; dan (6) Success Skills. Persiapan secara intensif untuk mengikuti proses approval oleh IFT tersebut telah dimulai sejak tahun 2008 melalui Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) IPB Tema C, dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional.

1 komentar:

  1. Wah..keren yaaa ITP....
    Semoga saja ITP IPB bisa mempertahankan kualitas bahkan bisa meningkatkan prestasinya di dunia Internasional.
    Semangat ITP IPB!!!!=D


    http://trinak09.student.ipb.ac.id

    BalasHapus